Beberapa Penyebab Mengapa Jam Tangan Mudah Rusak

Jam tangan cepat sekali mengalami rusak. Baru dua bulan beli jam tangan, tali strap jam tangan sudah putus. Baru beli jam tangan 3 bulan yang lalu, mesin jam tangan sudah mati. Jatuh dari meja setinggi 50 cm saja jam tangan tidak bisa bergerak lagi jarum jamnya.

Anda pasti pernah berkeluh kesah seperti di atas bukan? Jam tangan yang baru Anda beli beberapa bulan yang lalu udah gak bisa dipakai lagi. Dari permasalahan ini, maka timbul sebuah pertanyaan. Apa sih, beberapa penyebab mengapa jam tangan mudah rusak? Berikut beberapa penyebab jam tangan mudah rusak.

Memutar Bagian Crown Saat Masih Basah

Penyebab utama mengapa jam tangan belum apa-apa sudah rusak biasanya karena pemilik jam tangan gak sadar memutar crown saat dalam keadaan basah. Sekilas memang tidak ada masalah saat memutar crown itu. Tidak ada hal yang janggal saat memutar crown pada kondisi basah.

Namun pada jam tangan merek tertentu, memutar crown pada saat sedang basa sangat tidak direkomendasikan. Tindakan tersebut sangat membahayakan dan rawan terjadi kerusakan pada jam tangan yang Anda putar bagian crown-nya. Mengapa itu terjadi? Dan bagaimana fenomena fisika bisa menjelaskan itu semua?

Jawaban pertanyaan itu cukup mudah. Beberapa merek jam tertentu akan mematikan mesin saat crown di putar dalam kondisi basah sebab ada beberapa merek jam yang bagian mesinnya tidak tahan terhadap air. Saat crown jam tangan diputar, maka ada celah lubang berukuran mikron yang terbuka. Celah lubang itulah yang menjadi jalan masuk bagi air menuju ke mesin jam tangan. Ketika mesin jam tangan itu terkena air, maka tamatlah sudah. Jam tangan dengan mesin non-kedap air akan mati jika terkena air.

Kendatipun memutar crown saat basah itu membahayakan. Ada merek jam tangan yang tidak ada masalah sama sekali saat Anda memutar crown tersebut. Merek jam tangan yang tidak mudah rusak kendatipun Anda memutar crown tersebut dalam keadaan basah yaitu merek Casio.

Merek jam tangan Casio dikenal tidak mudah rusak walaupun bersentuhan dengan air. Jadi saat Anda melihat ketidak tepatan penyetingan waktu pada jam tangan Anda disisi lain jam tangan Anda masih basah, Anda bisa langsung memutar crown sepuasnya tanpa menunggu bagian crown pada jam tangan harus mengering terlebih dahulu. Hebat banget bukan kelebihan dari jam tangan merek Casio ini.

Jam Tangan yang Anda Punyai Berbenturan Dengan Benda Keras

Kita kadang tidak sengaja menjatuhkan jam tangan ke arah lantai tanpa sadar. Menjatuhkan jam tangan ke arah lantai akan menggangu mesin jam tangan sehingga perputaran mesinnya akan ngaco.

Semakin sering Anda menjatuhkan jam tangan ke lantai, maka semakin berpotensi cepat rusak jam tangan yang Anda miliki itu. Kadang, meletakan jam tangan sembarangan menjadi pemicu utama mengapa jam tangan itu jatuh.

Saat Anda akan meletakan jam tangan di atas meja sebisa mungkin letakanlah jam tangan itu pada tempat khusus untuk meletakan jam tangan. Saat ini sudah ada banyak wadah jam tangan khusus yang bisa dibeli dan dipakai untuk meletakan jam tangan agar aman dan tidak mudah jatuh. Harga tempat meletakan jam tangan tersebut pun terbilang murah dan terjangkau.

Tapi jika Anda ingin mempunyai jam tangan yang tidak mudah rusak kendatipun sering berbenturan dengan benda keras. Maka sangat disarankan sekali Anda membeli jam tangan merek Casio.

Apa betul jam tangan merek Casio lebih tahan terhadap benturan? Ya benar sekali, dari sisi build quality, maka jam tangan Casio ini dikenal lebih tahan terhadap benturan. Jam tangan Casio lebih kuat saat meredam benturan. Rangka pada jam tangan Casio memang sengaja didesain agar jam tangan ini mampu menangkis benturan-benturan kecil pada jam tangan yang seringkali tak disadari. Makannya itu membeli jam tangan Casio sangat direkomendasikan sekali bagi Anda yang tidak mau jam tangan yang Anda beli tidak mudah rusak terkena benturan.

Menyimpan Jam Tangan Pada Tempat yang Sembarang

Jam tangan mudah rusak disebabkan karena kita meletakan jam tangan pada sembarang tempat. Sangat tidak direkomendasikan sekali kita menyimpan jam tangan pada ruangan berhawa super panas. Sebab ruangan panas tersebut lama kelamaan akan mereduksi mesin jam tangan. Arus listrik pada jam tangan akan tidak setabil yang membuat jam tangan tersebut lama kelamaan akan mengalami korsleting.

Menyimpan jam tangan di tempat yang super dingin juga tidak direkomendasikan. Mengapa demikian? Karena saat kita menyimpan jam tangan di tempat yang super dingin, akan Anda embun yang mengendap pada mesin jam tangan. Embun pada jam tangan itu akan mempengaruhi mesin jam tangan sehingga mesin jam tangan berpotensi mati.

Jika Anda ingin mempunyai jam tangan dengan kekuatan build quality-nya yang bisa diletakan di sembarang tempat, Anda bisa mendapatkannya jam tangan awet dan tidak mudah rusak itu jika membeli jam tangan bermerek Casio. Jam tangan merek Casio selama ini dikenal sebagai jam tangan yang sangat tahan terhadap embun dan potensi serangan rintik air di dalam mesin jamnya. Dengan menggunakan jam tangan Casio, maka Anda akan mendapatkan jam tangan yang bebas mau menyimpan dimana saja.

Menyimpan Jam Tangan di Dekat Alat Elektronik yang Mempunyai Medan Magnet Super Tinggi

Jam tangan Anda mengalami kerusakan padahal baru sebulan beli bisa jadi karena Anda menaruh jam tangan di dekat barang elektronik. Semakin tinggi barang elektronik itu mempunyai medan magnet super kuat, maka semakin tinggi risiko jam tangan Anda cepat mengalami kerusakan.

Pada beberapa jam tangan merek tertentu medan magnet memang musuh utama penyebab jam tangan mengalami kerusakan. Medan magnet akan mereduksi kemampuan mesin pada jam tangan sehingga perputaran mesin jam tangan tidak bisa stabil lagi. Lama kelamaan jam tangan pun akan mati.

Lalu adakah jam tangan yang lebih tahan terhadap medan magnet? Anda bisa mendapatkan jam tangan tahan medan magnet jika Anda membeli jam tangan merek Casio. Jam tangan merek Casio selama ini dikenal cukup ampuh untuk menangkal medan magnet jika dibandingkan dengan jam tangan merek lainnya.

Malas Membersihkan Jam Tangan Dari Debu yang Menumpuk

Bisa jadi jam tangan cepat rusak karena kita malas membersihkan jam tangan dari debu yang menumpuk. Padahal penumpukan debu pada jam tangan dalam sekala yang banyak akan mengganggu kinerja dari mesin jam tangannya. Jam tangan tersebut pun lama kelamaan akan rusak dan mati.

Tapi ketika Anda membeli jam tangan merek Casio, maka Anda akan mendapatkan jam tangan yang lebih tahan terhadap debu. Jam tangan merek Casio tidak terlalu ribet dalam perawatan dan pembersihan jam tangannya. Anda cukup membersihkan jam tangan ini dengan detergen biasa saja sudah cukup untuk membersihkan segala kotoran yang menempel pada jam tangan. Jadi langsung saja deh Anda beli jam tangan Casio segera.