Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tenomena Alam

Hai teman-teman, sekarang di artikel ini saya akan membagikan contoh teks eksplanasi , yaitu teks eksplanasi tentang tsunami. Nah, materi ini sampai di kelas 2 SMA. Saya juga membahas materi tentang penjelasan teks eksplanasi di artikel saya sebelumnya. Jadi, bagi Anda yang belum membacanya, Anda dapat mampir ke pos saya terlebih dahulu.

Berbicara tentang suatu fenomena terkait erat dengan dunia ini. Ada berbagai jenis fenomena alam, mulai dari letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami dan banyak lainnya. Sekarang, yang akan kita bahas kali ini adalah teks eksplanasi tentang sampah. Maka dengan artikel ini, saya harap ini akan bermanfaat bagi Anda semua.
https://rumusrumus.com/contoh-teks-eksplanasi/

Contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses atau fase “mengapa” dan “bagaimana” terjadinya suatu fenomena atau peristiwa yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah dan budaya.

Pendapat lain menyatakan bahwa pengertian teks eksplanasi adalah paragraf atau teks yang isinya menjelaskan informasi tentang proses terjadinya suatu fenomena, di mana baik fenomena alam, sains maupun kehidupan sosial dan budaya berada. Jenis teks ini sering ditemukan dalam buku sains, geografi, dan sejarah.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sampah

Pernyataan umum:
Sampah adalah benda atau benda yang tidak lagi digunakan, yang keberadaannya sangat mengganggu kesehatan masyarakat sekitar. Sampah tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu sampah organik dan limbah anorganik.

Sampah organik adalah jenis sampah yang mudah terurai seperti sayuran, daun kering, dan sisa makanan. Limbah ini dapat diolah sebagai pupuk atau kompos untuk tanaman.

Sedangkan limbah anorganik adalah limbah yang tidak mudah terurai secara hayati, seperti plastik, botol, kaleng dan sebagainya. Yang minim, limbah anorganik bisa didaur ulang menjadi benda yang memiliki nilai jual sangat tinggi.

Sebab dan akibat:
Sampah adalah salah satu fenomena yang sering kita temui di lingkungan masyarakat. Sampah awalnya tampak berserakan di sekitar kita, tetapi berdampak besar. Seperti sarang penyakit, banjir dan tanah longsor.

Keranjang yang terakumulasi akan menyebabkan bau yang tidak sedap untuk mencemari udara yang nantinya akan menyebabkan penyakit seperti muntah dan DBD.

Selain itu, sampah juga dapat menyebabkan bencana seperti banjir dan tanah longsor. Limbah yang terus menerus dibuang ke sungai akan mempersulit aliran sungai dan seiring waktu sungai akan meluap.

Jika terjadi banjir, jelas akan sulit bagi kita untuk bergerak dan bekerja. Selain itu, banjir yang sangat besar dapat menyebabkan tanah longsor.

interpretasi:
Banyak sekali efek yang bisa dirasakan jika kita selalu menyia-nyiakan. Inilah mengapa kita sebagai makhluk sosial yang menginginkan kemakmuran berkumpul untuk melindungi lingkungan.

Mulai dari hal terkecil, yaitu membuang sampah di tempatnya. Sampah organik dapat diubah menjadi pupuk atau kompos untuk tanaman dan limbah anorganik dapat dikerjakan ulang menjadi barang dengan nilai jual yang sangat tinggi.

Demikian pembahasn tentang contoh teks ekplanasi, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima kasih !

Sumber: https://rumusrumus.com