Coban Jahe Yang Katanya Masih Alami

Coban Jahe, mungkin untuk sebagian traveler ini nama yang asing di telinga kalian. Yaaa…. wajar saja, karena air terjun yang berada di Malang ini belum banyak dikunjungi wisatawan,mungkin karena kurangnya promosi yang membuat Coban Jahe ini kalah pamor dengan Coban (air terjun) yang lainya apalagi bila di sandingkan dengan nama Coban Rondo.

Hari itu, secara tidak sengaja saya melihat papan penunjuk jalan berwarna hijau bertuliskan “Coban Jahe 6 km”. Saat itu saya dalam perjalanan pulang sehabis dari coban pelangi,mulai dari sanalah rasa penasaran saya muncul terhadap Coban yang satu ini dan rasa penasaran itu semakin kuat ketika saya sampai di rumah teman saya.ke esokan harinya saya mulai mencari informasi tentang Coban Jahe, tapi sayang informasi yang saya dapatkan masih sangat minim. Hasrat dan keinginan saya pun sangat kuat untuk mengunjungi air terjun ini. Ya, namanya yang unik, membuat saya semakin penasaran untuk melihatnya secara langsung.dan selang beberapa hari saya memutuskan untuk pergi ke Coban Jahe. Bisa dengan travel surabaya malang ini anda berkunjung ke coban jahe.

Coban Jahe

Berbekal informasi yang minim hanya tau Coban Jahe terletak di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur.saya akhirnya menggunakan google maps untuk bisa sampai ke desa pandansari lor,sekitar 1 jam dari Kota Malang saya habiskan untuk sampai bisa ke sampai ke Coban Jahe.

Pada awal perjalanan kondisi jalanan masih baik, tapi semakin mendekati lokasi air terjun, jalanan menjadi lebih kecil dan tidak terlihat kalau ada sebuah tempat wisata di ujung jalan ini. Belum lagi, tidak ada penunjuk yang jelas dimanakah lokasi air terjun ini berada.Di dalam perjalanan saya bertanya kepada masyarakat sekitar akan keberadaan Coban yang satu ini.

Sebagai penanda,sekitar 500 meter dari air terjun kalian akan melihat Taman Makam Pahlawan Kali Jahe.Bagi pengendara kendaraan roda dua masih bisa untuk bisa memarkir kendaraanya di dekat air terjun. Akan tetapi, bagi Anda yang membawa mobil sangat susah untuk mendekati lokasi, sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Gemuruh air terjun Coban Jahe dari tempat parkir sudah terdengar jelas.cukup dengan membayar 5 ribu kalian sudah bisa menikmati air terjun yang Tingginya sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup besar. Dibawah air terjun juga terdapat kolam alami yang membuat siapa saya ingin untuk menceburkan dirinya disana, tapi saya agak terkejut ternyata di sana sudah ada Coban Jahe river tubing, ternyata Pengelola sudah menyediakan peratan tubing untuk menyusuri sungai jahe,tapi itu tidak geratis buat kalian yang mau menikmati Coban Jahe river tubing akan di kenakan tarif sebesar 75 ribu/orang itu sudah termasuk fasilitas pelampung, helm, makanan dan minuman serta guide.

Sungai jahe di malang ini memang cocok untuk atraksi seluncur sungai dengan ban. Arusnya beravariasi ada yang landai dan ada pula yang deras. Sedangkan untuk kedalamanya hanya sepaha orang dewasa saja jadi tak perlu khawatir, bebatuan di sungai jahe yang tak begitu rapat menjadi tantangan yang semakin memacu adrenalin saat bermain tubing.

Di dekat air terjun ini juga terdapat tebing dengan kontur yang kasar dan melebar dibagian atasnya. Warna kuning kecoklatan seperti warna jahe menjadi warna yang dominan di tebing ini, Udara di sekitarnya sangat sejuk, masih banyak pepohonan hijau yang menjadi peneduh alami di air terjun ini.

Sungguh luar biasa, sama sekali tidak terlihat sampah di sekitar Coban Jahe. Begitu juga dengan fasilitas umum yang ada di tempat ini, benar-benar bersih dan sangat terjaga. Tidak akan ada yang menyangka kalau di daerah ini terdapat air terjun yang sangan indah.jadi kapan kalian berkunjung ke sana dengan travel surabaya malang terpercaya, tapi ingat kalau kalian berkunjung ke Coban Jahe jangan lupa jaga kebersihan air terjun yang satu ini, sayang loh… kalau tempat seperti ini kita rusak.